Kajian Alam Semesta Dalam Sudut Pandang Al-Qur’an Dan Sains Modern

Authors

  • Usman STIS Al-Ittihad Bima - Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58824/mediasas.v7i1.168

Keywords:

Alam Semesta, saince, qur'an

Abstract

This journal explains the relationship between the Quran, science, and the concept of the universe. The research was conducted to understand the concept of the universe from the perspective of the Quran and science. This study is a literature review using the methods of Quranic interpretation and thematic analysis, which involves gathering readings that discuss the human senses, determining a topic, conducting analysis with tahlili interpretation, and drawing conclusions. As a result, all concepts of the universe discovered by scientists have already been written and conveyed by Prophet Muhammad SAW 1,400 years ago in the Holy Quran. The Quran is always ahead of science, but it is not a science textbook; rather, it is a guide for humanity in navigating the three dimensions of life: the worldly life, the barzakh (the interim state between death and the afterlife), and the hereafter.

Jurnal ini menjelaskan tentang hubungan antara Al-Quran dan ilmu pengetahuan serta konsep alam semesta. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui konsep alam semesta menurut pandangan Al-Qur’an dan sains. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan menggunakan metode tafsir Al-qur’an dan tematik, yaitu mengumpulkan bacaan yang berbicara tentang panca indera manusia, menentukan topik dan melakukan analisis dengan tafsir tahlili, dan menarik kesimpulan. Alhasil semua konsep alam semesta yang ditemukan oleh ilmuwan sudah tertulis dan disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW 1400 tahun yang lalu dalam kitab suci Al-Quran. Al-Quran selalu lebih terdepan dari pada sains, tapi Al-Quran bukan buku pelajaran sains, tapi Al-Quran merupakan penuntun bagi umat manusia dalam mengarungi ketiga dimensi kehidupan, yaitu dimensi alam fana, barzakh dan akhirat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, G., Ayub, S., & Sahidu, H. (2020). Konsep Alam Semesta Dalam Perspektif Al-Quran dan Sains. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 1(1). http://jpfis.unram.ac.id/index.php/GeoScienceEdu/article/view/36

Al-Farmawi, A. H. (1977). Al-bidayah fi at-tafsir al-maudhu’i dirasah manhajiyyah maudhu’iyyah. Kairo: Maktabah Jumhuriyah.

Al-Qurtubi, S. (n.d.). Tafsir al-Qurtubi,(Beirut: Muassasah Manahil al-Irfan, tt), juz 17. Anis, Ibrahim, Dkk.

Ar-Rifa’i, M. N. (1999). Kemudahan dari Allah: Ringkasan tafsir ibnu katsir (Vol. 1). Gema insani.

Batalha, N. M., Borucki, W. J., Bryson, S. T., Buchhave, L. A., Caldwell, D. A., Christensen-Dalsgaard, J., Ciardi, D., Dunham, E. W., Fressin, F., & Gautier, T. N. (2011). Kepler’s first rocky planet: Kepler-10b. The Astrophysical Journal, 729(1), 27.

Fuscha, F. A., & Izzuddin, A. (2023). Zij al-Jadid ibn Asy-Syatir: Melacak Algoritma Awal Bulan Kamariah. AL-AFAQ: Jurnal Ilmu Falak Dan Astronomi, 5(2), 237–249.

Halim, A. M. (2002). Memahami Al-Qur’an Pendekatan Gaya & Tema. Penerbit Marja’.

Halimah, S. N. (2018). Benang Merah Penemu Teori Heliosentris: Kajian Pemikiran Ibn Al-Sy?? ir. Al-Marshad: Jurnal Astronomi Islam Dan Ilmu-Ilmu Berkaitan, 4(1). https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/almarshad/article/view/1939

Ika, I., Wasmin, A., Oktori, S., & Nurhalimah, S. (2023). Kewajiban Menuntut Ilmu Mengembangkan Dan Mengamalkannya. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 1(3), 110–117.

Kementrian Agama RI, A.-Q. (2015). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Lajnah.

Kurnia, A. (2021). Konsep pemahaman teori relativitas khusus einstein tentang pemuaian waktu. Jurnal TEDC, 15(2), 173–179.

Meitikasari, D., & Drianus, O. (2021). Rekognisi Axel Honneth: Gramatika Moral Bagi Defisit Rasionalitas Beragama. Jaqfi: Jurnal Aqidah Dan Filsafat Islam, 6(1), Article 1.

Nasim, B. (2001). Sains dan Masyarakat Islam. Pustaka Hidayah.

Nasir, M., & Rijal, M. K. (2021). Keeping the middle path: Mainstreaming religious moderation through Islamic higher education institutions in Indonesia. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 11(2), Article 2. https://doi.org/10.18326/ijims.v11i2.213-241

Osman, B. (2000). Tauhid dan Sains. Pustaka Hidayah.

Pasya, A. F., Arifin, M., al-Cois, C., & Friedha’L, H. (2006). Dimensi sains al-Qur’an: Menggali kandungan ilmu pengetahuan dari al-Qur’an. Tiga Serangkai.

Quraish, M., & Shihab, W. al-Qur’an. (2010). Tafsir Maudhu’i Atas Pelbagai Persoalan Ummat. Bandung: Mizan.

Rusli, A. (n.d.). Untuk penyadaran ilmu, cara ilmiah, dan metafisika: Aturan Hubble dan suatu deskripsi muai-ruang dan pencepatan muai jagad raya. Retrieved August 11, 2024, from https://ifory.id/proceedings/2018/GNceYnjvT/snips_2018_aloysius_rusli_wcsvebjxoz.pdf

Sartika, L. (2020). Asas-Asas Pendidikan Dalam Alquran dan Kedudukan Manusia Dalam Alam Semesta. Jurnal Penelitian Medan Agama, 11(1). https://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/medag/article/view/8634

Shihab, M. Q. (2005). Tafsir Al-Misbah, Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an, Jakarta: Lentera Hati. Jilid.

Suryadilaga, M. A. (2005). Metodologi Ilmu Tafsir. Yogyakarta: Teras.

Downloads

Published

2024-08-13

How to Cite

Usman. (2024). Kajian Alam Semesta Dalam Sudut Pandang Al-Qur’an Dan Sains Modern. Jurnal Mediasas: Media Ilmu Syari’ah Dan Ahwal Al-Syakhsiyyah, 7(1), 248–257. https://doi.org/10.58824/mediasas.v7i1.168