Integration of Environmental Literacy in IPAS Learning to Enhance the Ecological Awareness of Fifth Grade Students at MI Darul Ulum 02 Kudus
DOI:
https://doi.org/10.58824/arjis.v4i1.260Keywords:
Environmental Literacy, IPAS Learning, Ecological AwarenessAbstract
The low awareness of environmental literacy has led many individuals to perceive environmental issues as trivial. In fact, environmental literacy plays a crucial role in human survival, particularly in fostering responsible ecological awareness. Therefore, implementing environmental literacy from an early age is an urgent necessity to ensure that students develop a strong understanding of the importance of maintaining environmental balance. This study aims to analyze the integration of environmental literacy in IPAS (Natural and Social Sciences) learning to enhance the ecological awareness of fifth-grade students at MI Darul Ulum 02 Kudus. The research method used is a quantitative approach. The results of this classroom action research indicate that integrating environmental literacy into IPAS learning can improve students' ecological awareness, as evidenced by positive outcomes. The percentage of students achieving different levels of success is as follows: 53.33% of students received an excellent rating, 26.67% received a good rating, and only 20% received a sufficient rating. These percentages demonstrate that conducting classroom action research in two cycles has had a positive impact on improving students' understanding of environmental literacy and their ecological awareness in the fifth grade of MI Darul Ulum 02 Kudus.
[Kesadaran yang rendah terhadap literasi lingkungan menyebabkan banyak individu menganggap isu lingkungan sebagai hal yang sepele. Padahal, literasi lingkungan memiliki peran krusial dalam kelangsungan hidup manusia, terutama dalam menumbuhkan kesadaran ekologis yang bertanggung jawab. Oleh karena itu, penerapan literasi lingkungan sejak dini menjadi kebutuhan mendesak untuk memastikan bahwa siswa memiliki pemahaman yang kuat tentang pentingnya menjaga keseimbangan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis integrasi literasi lingkungan dalam pembelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) guna meningkatkan kesadaran ekologis siswa kelas V di MI Darul Ulum 02 Kudus. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa integrasi literasi lingkungan dalam pembelajaran IPAS dapat meningkatkan kesadaran ekologis siswa, sebagaimana dibuktikan oleh hasil yang positif. Persentase siswa yang mencapai berbagai tingkat keberhasilan adalah sebagai berikut: 53,33% siswa memperoleh predikat sangat baik, 26,67% memperoleh predikat baik, dan hanya 20% yang memperoleh predikat cukup. Persentase ini menunjukkan bahwa pelaksanaan penelitian tindakan kelas dalam dua siklus telah memberikan dampak positif terhadap peningkatan pemahaman siswa mengenai literasi lingkungan serta kesadaran ekologis mereka di kelas V MI Darul Ulum 02 Kudus].
Downloads
References
Aini, N., Al Muhdhar, M. H. I., Rochman, F., Sumberatha, I. W., Mardiyanti, L., & Wardhani, W. (2020). ANALISIS TINGKAT LITERASI LINGKUNGAN SISWA PADA MUATAN LOKAL PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP. Jurnal Pendidikan Biologi, 12.
Amin, S. (2024). Tanaman Lingkungan Sebagai Penyembuh Penyakit. PT Sonpedia Publishing Indonesia.
Budiarso, T. Y. (2022). Pemberdayaan Ekonomi Umat: Pemanfaatan Lingkungan di Sekitar Rumah untuk Budidaya Bayam Brazil di Era Pandemi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 48.
Habibi, Anekawati, A., Matlubah, H., Amroini, T., Safitri, A., & Firda. (2024). Pendampingan Pendidikan Literasi Lingkungan dan Asesmen Menggunakan Rach Analysis. Jurnal Abdiraja, 7.
Herawati, I. A. M., Putra, I. B. K. S., & Suyanta, I. W. (2021). Meningkatkan Literasi Lingkungan Anak Usia 5-6 tahun Melalui Projek Eco Enzyme. Kumaa Cendekkia.
Hidayat, A. (2023). Dampak Polusi Udara pada Kesehatan. May 29. https://doi.org/10.31219/osf.io/wam46
Idris, M. (2022). Integrasi Pendidikan Berbasis Lingkungan dengan Nilai-Nilai Islam: Upaya Meningkatkan Etika dan Literasi Lingkungan. Journal of Islamic Education Policy, 7(14).
Irawan, E. (2021). Peran Komite Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan: Studi pada SMP Negeri 1 Surakarta. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Dan Sosial Indonesia, 8(1), 18.
Mahardika, N. (2024). Pendekatan Budaya (Hulu) Sebagai Solusi Tersignifikan bagi Penanganan Sampah Plastik. Jurnal Kajian Komunikasi Budaya, 1(1), 52.
Mawardi, P., Veriansyah, I., & Nurhakim, I. (2023). Pengembangan Modul Literasi Lingkungan Melalui Program di Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7.
Mawarni, M. F. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Literasi Lingkungan dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Kesadaran Lingkungan. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 7(1), 71–72.
Muftakhim, H. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial Aspek Kerja Sama Pembelajaran Tematik Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(4), 248.
Muliana. (2024). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Abad 21. Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 23.
Nuri, Surya, A., Destari, U., Amanda, S. R., Sahendra, Y., & Fahrimal, Y. (2023). PENINGKATAN LITERASI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK MIN 3 ACEH BARAT MENGGUNAKAN METODE BOARD GAME ULAR. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7, 61–68.
Purnami, W. (2020). PENGELOLAAN SAMPAH DI LINGKUNGAN SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN EKOLOGIS SISWA. Jurnal Pendidikan IPA, 9, 119–125.
Rahardjo, R. (2024). Analisis Desain Infografis Mengenai Dampak Polusi Udara di Indonesia dari Sudut Pandang Publik. Tuturrupa, 6(2), 1.
Rizal, S. (2020). Manfaat Alam dan Tumbuhan “Sumber Belajar Anak” dalam Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 102.
Santoso, R. (2021). Analisis Literasi Lingkungan Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 10(2), 1978.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suhirman. (2020). Hubungan Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Literasi Lingkungan Siswa. Jurnal Dan Pendidikan Ilmu Sosial, 4.
Syahadat, R. M. (2022). Pemanasan Global dan Kerusakan Lingkungan: Apakah Masih Menjadi Isu Penting. Jurnal Ilmiah Teknik Lingkungan, 14(1), 44.
Wulandari, D., Winarni, E. W., & Yusnia. (2024). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Multimedia Interaktif Terhadap Literasi Lingkungan dalam Muatan Pembelajaran IPAS Kelas V Gugus XI di Kota Bengkulu. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES).
Yulianti, V. (2021). Analisis Keterampilan Literasi Lingkungan Siswa SD di Kecamatan Turen Tahun Pelajaran 2019/2020. Primary Education Journal, 1(1), 11.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Wafiq Azizah, Laisya Syifana Hariyanto Putri, Eva Luthfi Fakhru Ahsani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.